Minggu, 01 Desember 2013

Cara Menginstal Tema di Kali Linux

Assalamualaikum Wr. Wb.
Berawal dari rasa bosan dengan tampilan GUI kali linux yang terkesan klasik (atau emang sangat jadul) saya mencoba untuk mengganti tema dari kali linux saya, tapi kendalanya gak ada menu di kali linux yang menyediakan fitur gonta-ganti tema (kalaupun ada waktu itu saya belum tahu, maklum, saya masih baru di dunia linuxer). setelah mencari di gogel, akhirnya ketemu juga deh caranya.

Sesuai dengan judul postingan di atas, saya akan membahas tentang cara memasang tema di Kali Linux. sedikit tentang kali linux, kali linux merupakan versi terbaru dari Backtrack 5, tepatnya kali linux merupakan Backtrack 6, namun ada sedikit perbedaan di dalamnya, kalau Backtrack merupakan turunan dari linux ubuntu, sedangkan kali linux merupakan turunan dari debian. meski begitu ubuntu sendiri turunan dari debian. jadi umpamanya seperti sequel spiderman, jika seandainya backtrack adalah spiderman yang diperankan Tobey Maguire, maka kali linux merupakan The Amazing Spiderman yang diperankan Andrew Garfield.

Oke, dari pada kelamaan bahas spiderman,mendingan langsung saja saya bahas cara mengganti tema di kali linux.

(sebelumnya, semua instalasi di bawah membutuhkan koneksi internet!!!)

1. siapkan kopi, wafer tango, dan juga rokok (bagi yang merokok)
2. terlebih dahulu, khusus bagi pengguna linux yang baru seperti saya, beberapa perintah di command line linux tidak berfungsi ketika baru di instal, pengalaman saya, lapie saya hampir saja saya instal ulang gara-gara beberapa command yang saya berikan tidak berfungsi (command not found), jadi caranya mudah saja, yaitu dengan mengupgrade repository linux kita, silahkan cari di google, dengan kata kunci "full repository kali linux", adapun cara mengupgradenya juga bertebaran di google.
3. setelah reponya sudah kita upgrade sekarang kita masuk ke intinya yaitu buka terminal dan ketikkan:

apt-get install gnome-tweak-tool

4. kemudian buka gnome tweak tool melalui menu > aplications > system tools > preferences > Advanced setting
atau melalui terminal:

gnome-tweak-tool

5. pastikan sebelumnya anda telah mendownload tema, kalau belum download di sini.

oke mungkin itu saja tutorial yang saya paparkan, adapun kalau kurang jelas, silahkan berkomentar di bawah.
Keep Smile :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar